Wujudkan Kemajuan Kebudayaan & Pariwisata, Disbudpar Kalteng Gelar Rakortek

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan dan Pembangunan Urusan Kebudayaan dan Pariwisata se-Kalimantan Tengah Tahun 2023 pada Rabu (3/5)

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Kalteng, ia mengatakan bahwa pariwisata dan kebudayaan di Kalteng bisa memberikan multiplier effect bagi sektor lain.

“Sektor pariwisata dan kebudayaan di Kalteng bukan saja bermanfaat bagi sarana memperkenalkan potensi budaya dan pariwisata Kalteng kepada wisatawan domestik dan mancanegara, tetapi lebih daripada itu. Sektor pariwisata dapat memberikan multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, mengurangi angka kemiskinan dan terciptanya kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat.” beber Leonard S Ampung.

Sektor kebudayaan dan pariwisata di Kalimantan Tengah memiliki peranan yang cukup penting dalam menunjang pembangunan daerah, sekaligus merupakan salah satu faktor yang sangat strategis dalam meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat.

Ia juga menambahkan, bahwa titik utama yang dibenahi dalam sektor kebudayaan dan pariwisata ini ialah sarana dan prasarananya. Asisten Sekda bidang Ekonomi dan Pembangunan ini mengatakan bahwa konsep desainnya sudah ada, seperti bangunan untuk berkumpul atau bungalou, tempat pertemuan, restoran, cafe dan jogging track.

“Pariwisata di Kalteng akan terus di explore, tidak hanya Taman Nasional Sebangau. Namun, Taman Nasional Bukit Raya di Katingan, wisata Air Terjun di Murung Raya dan Lamandau, Pantai Ujung Pandaran, Pantai Kubu dan masih banyak lagi pantai di Kalteng yang belum terkespos” tegasnya.

“Dengan adanya kebudayaan dan pariwisata, tentu ada ekonomi kreatif di dalamnya. Makanya, dibutuhkan sekali kreatifitas, inovasi seperti handcraft atau kerajinan tangan, termasuk sektor kuliner. Sehingga semua masyarakat disekitar lokasi pariwisata turut terlibat.” jelas Leonard.

Adiah Chandra Sari kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng menyampaikan bahwa giat Rapat Koordinasi Teknis ini bertujuan untuk membahas perencanaan kebudayaan dan pariwisata di Kalteng. Sehingga bisa bersinergi antar stakeholders.
(Ayu/KTV)

Spread the love

Related posts

Polda Kalteng Tangkap 22 Tersangka Narkoba, Periode November – Desember 2023

Nataru, PT Pertamina Pastikan Terjadi Kenaikan Konsumsi BBM

Oknum Mantan Lurah Bukit Tunggal Dipolisikan