Oknum Mantan Lurah Bukit Tunggal Dipolisikan

MASALAH TANAH: Dua warga didampingi kuasa hukum melaporkan dugaan pemalsuan surat tanah.(foto dok.istimewa)

PALANGKA RAYA-Dua warga Palangka Raya bernama Rejo Swadi dan Tariono Buchar melaporkan mantan lurah ke Ditreskrimum Polda Kalteng, Kamis (21/12). Laporan kepolisian tersebut dibuat lantaran warga merasa dirugikan oleh oknum mantan pejabat kelurahan itu, karena telah mengeluarkan dan mengesahkan berita acara pemeriksaan tanah untuk pengajuan pembuatan SPPT di atas tanah milik mereka yang sudah bersertifikat hak milik (SHM).

Kedua warga itu mendatangi Polda Kalteng dengan didampingi kuasa humum mereka, Sitmar H I Anggen SH. Mereka mengadukan oknum mantan Lurah Bukit Tunggal berinisial HF ke Ditreskrimum Polda. HF dilaporkan dengan tuduhan dugaan melakukan tindak pidana pemalsuan surat tanah saat masih menjabat sebagai Lurah Bukit Tunggal.

Menurut Sitmar, kedua kliennya itu melaporkan HF, karena saat menjabat sebagai Lurah Bukit Tunggal, yang bersangkutan pernah menerbitkan berita acara pemeriksaan tanah untuk pengajuan pembuatan SPPT oleh warga.

Padahal tanah yang diajukan untuk pembuatan SPPT itu adalah tanah milik Rejo dan Tariono yang sudah bersertifikat SHM. Dikatakan Sitmar, karena Kelurahan Bukit Tunggal mengeluarkan berita acara pemeriksaan tanah tersebut sehingga terbitnya SPPT, yang kemudian digunakan oleh pihak lain untuk mengklaim kepemilikan tanah milik kedua kliennya itu.

“Tindakan dari mantan lurah itu yang mengeluarkan berita acara pemeriksaan tanah menjadi dasar  terbitnya SPPT itu, jelas sangat merugikan klien kami, karena  tanah klien kami ini sebenarnya sudah bersertifikat,” tegas Sitmar.

“Makanya kami melaporkan mantan lurah ini dengan tuduhan dugaan pemalsuan surat,” ucapnya.

Sebagai bukti untuk memperkuat laporan, tutur Sitmar, pihaknya mengajukan barang bukti berupa surat pernyataan dari pihak Kelurahan Bukit Tunggal terkait keterangan menyangkut Surat SPPT dengan nomor register: 594/1889//XI/PEM /BT/2019 tertanggal 20 November 2019.

Sitmar mengatakan, berdasarkan keterangan yang diperoleh dari pihak Kelurahan Bukit Tunggal, diketahui bahwa SPPT tersebut memang terdaftar di buku register pertanahan Kelurahan Bukit Tunggal. “Kami juga menyertakan bukti fotokopi dari buku register, bahwa surat SPPT memang tercatat di buku register kelurahan,” ucapnya.(ila/kapos)

Spread the love

Related posts

Polda Kalteng Tangkap 22 Tersangka Narkoba, Periode November – Desember 2023

Nataru, PT Pertamina Pastikan Terjadi Kenaikan Konsumsi BBM

Perayaan Natal Pemprov, DAD dan PGIW Berlangsung Meriah