Home NEWS Kecamatan Sebangau Juarai Lomba Malamang Festival Palangka 2023

Kecamatan Sebangau Juarai Lomba Malamang Festival Palangka 2023

byhttps://kaltengtv.com/author/aji/adjie

PALANGKA RAYA – Salah satu rangkaian perlombaan untuk memeriahkan Festival Palangka 2023 ialah lomba Malamang. Perlombaan Malamang diselenggarakan di halaman kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan & Olahraga kota Palangka Raya pada Kamis (4/5) pagi.

Peserta lomba Malamang ini merupakan kontingen dari tiap kecamatan di kota Palangka Raya.

Malamang atau membuat lamang ialah tradisi asli suku Dayak membuat makanan dari ketan dan santan kemudian dikemas dengan daun pisang dan dimasukkan ke dalam batang bambu untuk kemudian dibakar.

Seluruh proses membuat lamang dilakukan bersama seluruh tim kontingen di halaman Disparbudpor kota Palangka Raya dengan waktu yang telah disepakati yaitu 6 (enam) jam. Usai melalui proses yang cukup panjang, sekitar pukul 13.00 WIB lamang siap disajikan.

Berdasarkan kriteria penilaian oleh dewan juri ialah citarasa. Citarasa lamang asli tanpa campuran bahan lainnya.

“Kriteria penilaian lomba Malamang ini menitikberatkan pada citarasa. Citarasa lamang yang original, tanpa ada campuran bahan lainnya.” jelas Arbawati.

Selain itu, lamang juga bisa disajikan bersama masakan lainnya dengan lauk-pauk khas Dayak seperti sambal kandas sarai.

Lomba Malamang ini dijuarai oleh kecamatan Sebangau dengan skor 1.930, juara II kecamatan Pahandut skor 1.773 dan kecamatan Rakumpit juara III dengan total skor 1.677.
(Ayu/KTV)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00