Home NEWS Beragam Perahu Hias Lintasi Sungai Kahayan

Beragam Perahu Hias Lintasi Sungai Kahayan

byhttps://kaltengtv.com/author/aditbosan/aditbosan
Masyarakat menonton perlombaan perahu hias FBIM yang melintasi Sungai Kahayan pada Selasa (23/5)

PALANGKA RAYA— Dikenal sebagai alat transportasi tradisional bagi masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran aliran sungai, perahu atau jukung kini tak lagi marak digunakan. Adanya infrastruktur yang kini memanjakan membuat sebagian masyarakat beralih ke kendaraan roda empat dan roda dua. Kini hanya sebagian saja yang masih menggunakan jukung sebagai alat transportasi.

Untuk kembali melestarikan dan memberdayakan transportasi air serta membangkitkan ekonomi bagi pengrajin perahu lokal, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggelar lomba perahu hias dalam rangkaian cabang lomba Festival Budaya Isen Mulang 2023 di Dermaga Flamboyan pada Selasa (23/5) sore.

“Seluruh cabang lomba di FBIM secara keseluruhan mengangkat potensi seni budaya dan kearifan lokal di Kalteng. Secara historisnya, perahu atau jukung digunakan oleh nenek moyang dan pada jamannya menjadi urat nadi kegiatan sosial budaya Kalteng. Sehingga salah satu cabang lomba FBIM yaitu lomba perahu hias merupakan upaya melestarikan transportasi air yang mulai kurang diminati,” ucap dewan juri lomba perahu hias Uria Nanyu Ludjen.

Kegiatan lomba perahu hias yang diikuti oleh 12 peserta dari SOPD dan kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah ini menitikberatkan penilaian pada 80% dekorasi daur ulang yang digunakan dan 20% dari atraksi atau hiburan saat perahu hias menyusuri Sungai Kahayan.

Peserta lomba perahu hias melintasi Sungai Kahayan pada Selasa (23/5) siang dengan penuh dekorasi ukiran khas Dayak serta dilengkapi atraksi dan tari tradisional Kalteng

“Kriteria penilaian pada lomba ini tentunya yang sesuai dengan tema yaitu ‘Alamku indah, religius kuat dan hebat’, dekorasi atau tema perahu yang sesuai dengan ciri khas atau potensi daerah masing-masing. serta program unggulan sesuai tupoksi bagi peserta SOPD. Kriteria lain ialah hasil dekorasi tidak mengandung unsur politik dan SARA dan keamanan serta keselamatan di perahu termasuk pelampung bagi penumpang,” paparnya.

Pemenang lomba perahu hias pada FBIM 2023 kali ini pada tingkat kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah diraih oleh Kota Palangka Raya sebagai juara I, Kabupaten Murung Raya juara II dan Kabupaten Barito Utara juara III. Sedangkan untuk kategori SOPD/instansi swasta dimenangkan oleh RSUD Doris Sylvanus juara I, Dinas Kehutanan Kalteng juara II dan Dinas Perhubungan mendapatkan juara III. (Ayu/KTV)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00