Home NEWS 10 Kabupaten/Kota Ikut Karungut

10 Kabupaten/Kota Ikut Karungut

byhttps://kaltengtv.com/author/aji/adjie
Peserta mengikuti Lomba Karungut dengan berbusana adat Dayak. (foto: ist)

PALANGKA RAYA-Di hari ke empat dari Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2023, masih banyak lomba-lomba tradisional dari Provinsi Kalimantan Tengah yang diperlombakan, salah satunya Lomba Karungut, yang digelar di panggung utama FBIM, GOR Serbaguna Palangka Raya, Jum’at (26/7) pagi hingga sore.

Dalam perlombaan ini diikuti oleh 10 Kabupaten/Kota dalam kategori Putri dan Putri, di antanya Kota Palangka Raya, Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Gunung Mas, Katingan, Barito Utara, Murung Raya, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, dan Seruyan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari yang beada di lokasi menyampaikan Karungut merupakan seni bertutur dengan nyanyian dengan diikuti oleh musik.
“Mereka (peserta lomba) menceritakan banyak hal yang dalam nyanyian Karungut yang dibawakan,” ucapnya.

Adiah juga memerhatikan Lomba Karungut pada tahun ini pada umumnya diikuti oleh peserta usia muda, yang mengartikan bahwa generasi muda sudah memerhatikan kesenian dan kebudayaan lokal Kalimantan Tengah.

“Kita merasa surprise, dan berbahagia ya, artinya generasi muda kita menyukai kearifan lokal dengan mengikuti lomba, dan sebagai pelestarian adat, budaya, dan tradisi. Apabila generasi mudanya ikut terlibat langsung, dan mengenal budaya kita,” tutupnya.(zaki/yon)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00