Home NEWS Manyipet, Kini Jadi Permainan Tradisional

Manyipet, Kini Jadi Permainan Tradisional

byhttps://kaltengtv.com/author/aji/adjie

Peserta dari Kuala Kapuas meniup sipet yang terbuat dari kayu ulin saat membidik papan target sasaran pada lomba manyipet FBIM 2023 (foto: ayu/kaltengtv.com)

PALANGKA RAYA – Dahulu manyipet atau menyumpit digunakan sebagai alat untuk berperang dan berburu hewan di hutan, namun seiring berjalannya waktu manyipet anak damek (anak panah) kini dikembangkan menjadi sarana permainan tradisional Kalteng yang ramah bagi semua kalangan.

“Dahulu sipet digunakan untuk berperang atau berburu hewan liar di hutan, tapi sekarang sudah jadi permainan tradisional Dayak. Dalam lomba manyipet ini, peserta menunjukkan kecakapannya dalam membidik target dengan anak damek menggunakan sipet dengan cara ditiup,” papar Yanson salah satu dewan juri lomba Manyipet FBIM tahun 2023.

Peserta lomba manyipet FBIM 2023 yang berasal dari 13 kabupaten/kota se-Kalteng ini masing-masing menyiapkan sipet dan anak damek sendiri. Dalam pembuatan alat sipet biasanya berbahan dasar kayu ulin, sedangkan anak damek terbuat dari bambu.

Dewan juri sedang menilai posisi anak damek yang tertancap di papan target sasaran oleh peserta lomba Manyipet (foto: ayu/kaltengtv.com)

“Untuk penilaian, jika anak damek tertancap tepat ditengah target maka mendapat nilai 10 poin. Namun jika anak damek berada diluar titik target maka peserta mendapat jumlah angka poin semakin menurun, dan mendapat poin nihil jika keluar dari lingkaran target. Maka dari itu peserta diberi kesempatan untuk tes lapangan sebelum perlombaan dimulai dengan 5x kesempatan manyipet,” tambahnya.

Menurut Yanson, permainan tradisional ini merupakan upaya melestarikan budaya leluhur sebelumnya. Walaupun dahulu sipet digunakan sebagai alat berburu, kini agar bisa dimainkan dan dinikmati segala kalangan, manyipet menjadi permainan tradisional tanpa mengurangi nilai dan unsur lokal.(ayu/yon)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00