Home NEWS Hari Terakhir FBIM Masih Meriah

Hari Terakhir FBIM Masih Meriah

byhttps://kaltengtv.com/author/aji/adjie
MANYILA – Seorang peserta lomba sedang mempraktekkan membelah (manyila) kayu dengan peralatan tradisional. (Foto: Zaki/KaltengTV)

PALANGKA RAYA – Hari terakhir Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2023 masih dimeriahkan oleh beberapa lomba, salah satu yaitu Lomba Maneweng, Manetek, dan Manyila Kayu, Sabtu (27/5) pagi, di Halaman GOR Serbaguna Palangka Raya.

Lomba Maneweng, Manetek, dan Manyila Kayu yang dalam Bahasa Indonesia artinya Menebang, Memotong, dan Membelah Kayu ini diikuti oleh sembilan kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Barito Selatan, Baruti Utara, Murung Raya, Lamandau, dan Sukamara.

Peserta sedang menyila (membelah) kayu, setelah diteweng (ditebang), dan ditetek (dipotong). (Foto: Zaki/KaltengTV)

Koordinator lomba Maneweng, Manetek, dan Manyila Kayu, Markorius mengatakan bahwa di masa sekarang teknik menebang pohon secara tradisional khas Suku Dayak ini sudah mulai digantikan dengan penggunaan gergaji mesin untuk menebang pohon.

“Salah satu alat yang unik dalam teknik menebang pohon yaitu yang dimiliki Suku Dayak, dan ini sudah mulai tergantikan. Makanya diperlukan pelestarian budaya ini melalui perlmobaan seperti ini,” ucapnya.
Ia juga menyampaikan yang menjadi penilaian dalam Lomba Maneweng, Manetek, dan Manyila Kayu ini adalah teknik, kerapian, dan kecepatan. Salah satunya posisi maneweng yang tidak boleh berubah dari tempat berdirinya saat menebang pohon, agar pohon yang ditebang jatuh sesuai arah yang sudah ditargetkan.


Beliung (alat utama) ditancapkan di kayu pohon yang sudah diteweng, ditetek, dan disila.

“Kecepatan bukan yang utama, kalau cepat tapi tidak rapi, tidak bagus hasilnya. Kalau dulu, menebang pohon ini penuh prinsip dan perhitungan, banyak kejadian pohon yang ditebang terjatuh menimpa si penebang. Nah ini karena gak paham ilmunya, jadi berbahaya kalau gitu,” pungkasnya.(zaki/yon)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00