Home NEWS Lomba Menangkap Ikan Menarik Perhatian

Lomba Menangkap Ikan Menarik Perhatian

byhttps://kaltengtv.com/author/aji/adjie
TANGAN KOSONG – Beberapa peserta beradu ketangkasan menangkap ikan dengan tangan kosong. (Foto : Zaki/kaltengtv.com)

PALANGKA RAYA – Perlombaan masih berlangsung menjelang penutupan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2023, salah satu yang mendapat jadwal di hari terakhir ini yaitu Lomba Mangaruhi atau lomba menangkap ikan, di samping Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, Sabtu (27/5) pagi. Lomba ini cukup menarik perhatian masyarakat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sari mengatakan ada sebanyak 10 kabupaten dan 1 kota yang mengikuti cabang Lomba Mangaruhi pada FBIM tahun ini.
“Kita saksikan bersama tadi semangat dari para peserta, sangat menghibur sekali dengan berbasis kearifan lokalnya. Memberikan pelajaran juga karena cara menangkap ikan ini ramah lingkungan, tidak menggunakan alat yang membahayakan, langsung dengan tangan kosong,” ucapnya.

Adiah juga berharap budaya ini dapat dikenal dan diterapkan oleh generasi muda, mengingat nenek moyang terdahulu begitu mencintai alam dan tidak merusak alam itu sendiri, dalam mencari penghidupan sehari-harinya.
“Saya lihat juga bervariasi ya pesertanya, banyak yang muda, juga ada beberapa yang sudah tidak remaja lagi, tetapi rata-rata masih memiliki fisik yang kuat ya,” pungkasnya.(zaki/yon)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00