Home NEWS Bisa Menyusuri Sungai Kahayan Naik Ini, Tarif Sewanya Rp 250 Ribu per Jam

Bisa Menyusuri Sungai Kahayan Naik Ini, Tarif Sewanya Rp 250 Ribu per Jam

byhttps://kaltengtv.com/author/redaksi/redaksi kaltengtv
DISEWAKAN – Dua perahu milik Nanang yang siap mengantarkan menyusuri Sungai Kahayan untuk menikmati sudut lain wajah Kota Palangka Raya. (Foto: MUGI/KALTENGTV.COM)

PALANGKA RAYA – Jika selama ini menikmati pemadangan Sungai Kahayan hanya dari atas jembatan, dari dermaga kecil di pinggiran atau bahkan hanya dari video atau foto, maka mulai saat ini tidak ada salahnya untuk mencoba menikmati pemadangan dari sudut lain, dari tengah-tengah sungai. Ya dari tengah-tengah sungai.

Bagaimana caranya? Dengan menyusuri sungai naik perahu. Tarifnya Rp 250 ribu untuk perjalanan satu jam. Waktu satu jam cukup untuk memberikan sensasi pemandangan menarik dari tengah sungai. Jika menggunakan perahu yang start di bawah Jembatan Kahayan atau di Dermaga Tugu Soekarno, Anda bisa mengambil rute ke arah hilir atau ke arah hulu. Baik ke arah hilir maupun ke arah hulu Anda akan sama-sama mendapatkan pemandangan yang menarik.

Di rute ke arah hilir, jika air sedang sedang surut, Anda akan melihat perumahan penduduk dengan kontruksi panggung yang disanga tiang-tiang kayu yang tinggi. Pemandangan menarik lainnya tentu gedung-gedung perkantoran yang hanya kelihatan atapnya. Jika Anda beruntung bisa sampai Dermaga Rambang, maka pelabuhan itu saksi bisu pertumbuhan dan perkembangan Kota Palangka Raya. Di pelabuhan itulah, dulu pada tahun 1990-an semua mobilitas terjadi. Pelabuhan itu menjadi pintu gerbang utama arus barang dan orang Kalimantan Selatan. Di rute ke arah hulu, selain disuguhi dengan kemegahan konstruksi Jembatan Kahayan dari bawah, Anda akan melihat sudut lain dari wajah Kota Palangka Raya.

Nanang, salah seorang penyedia jasa penyewaan perahu mengaku sudah sejak tahun 2008 menekuni usaha itu. Perantauan asal Buntok, Kabupaten Barito Selatan itu menyewakan dua buah perahu. “Tarif perahu bukan perorangan tapi per jam, perjamnya Rp 250.000 ribu,” kata Nanang di bawah Jembatan Kahaya, Senin (29/5) kemarin.

Ayah satu anak itu melayani jasa penyebarangan. Untuk rute, dia mengikuti kemauan penyewa. Perahu miliknya berbahan bakar solar yang cukup mudah didapat. Dalam satu hari, dia biasa menghabiskan 5 liter. Nanang juga mengaku mendapat berkah dari gelaran FBIM karena ada peningkatan jumlah penyewa saat acara berlangsung.(mug*/yon)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00