Home NEWS Siaga Karhutla, Pemprov Kalteng Berencana Bikin Hujan Buatan

Siaga Karhutla, Pemprov Kalteng Berencana Bikin Hujan Buatan

byhttps://kaltengtv.com/author/aditbosan/aditbosan
RENCANA PENANGANAN KARHUTLA-Sekda Kalteng H Nuryakin memimpin rapat koordinasi pemantapan rencana penanganan karhutla di Kalteng, Senin (5/6).(gilang/kaltengtv.com)

PALANGKA RAYA –Saat rapat koordinasi pemantapan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), terungkap lagi rencana Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau biasa disebut hujan buatan.

Dikonfirmasi usai memimpin rapat tersebut, Sekda Kalteng Nuryakin menyatakan Pemprov Kalteng sudah berkirim surat ke pemerintah pusat. “Kami pertanyakan kembali pada saat gelar pasukan tanggal 12 Juni 2023, kami berharap BNPB pusat hadir melakukan kunjungan kerja ke sini (Kalteng, red),” ucap sekda, Senin (6/6).

TMC tersebut saat ini dirasa mendukung dilakukan karena sebagian besar wilayah di Kalteng tengah berawan. Sebagaimana diketahui, TMC menjadi salah satu langkah tepat untuk pembasahan lahan gambut yang menjadi rawan kebakaran.

KONFERENSI PERS-Sekda Kalteng H Nuryakin menjawab pertanyaan awak media terkait rencana TMC.(gilang/kaltengtv.com)

Sementara itu, berkaitan dengan anggaran penanganan Karhutla, sekda menyakini karena saat ini statusnya masih siaga maka cukup pada pergeseran anggaran. Hal itu dianggap tidak sulit. “Yang pasti Pemerintah Provinsi Kalteng sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp100 Miliar untuk penanganan karhutla pada tahun 2023,” ucap sekda.(ila)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00