Home Ekonomi Tekuni Usaha Batako Press, per Hari Mencetak 700 Batako

Tekuni Usaha Batako Press, per Hari Mencetak 700 Batako

byhttps://kaltengtv.com/author/aditbosan/aditbosan
BEKERJA –Aliansah saat membuat cetakan batako press yang akan dijualnya di Jalan Tingang Induk.(foto mugi/kaltengtv.com)

PALANGKA RAYA –Aliansah, warga asal Banjar Hulu Provinsi Kalimantan Selatan ini sudah lima tahun menggantungkan hidupnya dengan menekuni usaha cetak batako press. Lokasi usahanya berada di Jalan Tingang Induk, tepatnya di pinggir Jalan Tingang XVII.

Bapak satu anak ini dengan mahirnya mempraktikan sekaligus memberi ilmu dalam membuat batako tersebut. “Batako ini terdiri dari pasir dan semen, lalu dicampur sampai merata, kemudian dimasukan dalam cetakan tinggal dipress. Harganya per biji Rp2800,” ucap Aliansah ditemui, Selasa (20/6).

Ia menceritakan, untuk ukuran standar satu sak semen bisa menghasilkan batako sebanyak 90 biji. Dalam satu hari, ia bisa mencetak 700 batako. Panjang batako press yang dicetaknya ini kurang lebih 30 centimeter dan tinggi 17 sentimeter. “Ini (batako, red) bisa dijual setelah satu hari dikeringkan,” ucapnya.

Saat disinggung mengenai omset dari usaha ini, ia tidak dapat merinci karena penjualan batako pun tidak menentu. “Yang pasti peminat batako press ini kebanyakan masih dari Kota Palangka Raya saja,” tutupnya.(mug*/ila)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00