Home Hobi Ini Kegunaan Radio Pemancar Ulang bagi Jangkauan Komunikasi

Ini Kegunaan Radio Pemancar Ulang bagi Jangkauan Komunikasi

byhttps://kaltengtv.com/author/aditbosan/aditbosan
BEKERJA –Suraji saat bekerja sebagai teknisi RPU di salah satu tower telekomunikasi.(mugi/kaltengtv.com)

PALANGKA RAYA –Repeater atau Radio Pemancar Ulang (RPU) punya peran penting dalam memperlancar telekomunikasi. Hal itu dituturkan langsung oleh Suraji, yang sehari-hari bekerja sebagai teknisi RPU kepada kaltengtv.com, baru-baru ini.

Pria asal Jawa Timur ini menyebutkan, repeater RPU terdiri dari anten alumunium panjang sekitar dua meter.

“Biasanya dipasang di tower atau di BTS. Untuk ketinggian antena repeater makin tinggi makin bagus sinyal yang dipancarkan,” ucap pria yang sudah melakoni pekerjaan tersebut selama 20 tahun itu.

Di kota Palangka Raya, ungkapnya, kurang lebih ada sekitar empat titik yang tersapat RPU tersebut. Hanya saja ia tidak dapat merincikan lokasi pemasangan.

“Untuk frekuensi sinyal repeater yang digunakan VHF 140 sampai 147
Frekuensi. Keduanya berbeda jauh dengan frekuensi yang lain jadi tidak menganggu, misal frekuensi televisi, radio dan lain-lain,” tambahnya.

Suraji mengakui manfaat repeater RPU sangat banyak. Misalnya, untuk bantuan komunikasi seperti penggunaan Handy Transceiver (HT). Hal itu saat emergency yang berkaitan dengan orang tenggelam, pemberitahuan kebakaran rumah dan dipergunakan bagi rekan-rekan ambulan untuk mempercepat pertolongan kecelakaan.(mug*/ila)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00