Home NEWS 16 Botol Merkuri dari Kejari Dibawa ke KLHK Pusat untuk Dimusnahkan

16 Botol Merkuri dari Kejari Dibawa ke KLHK Pusat untuk Dimusnahkan

byhttps://kaltengtv.com/author/aditbosan/aditbosan
BARANG BUKTI MERKURI–Kepala Kejari Palangka Raya Andi Murji M meninjau barang bukti merkuri untuk diserahkan dan dimusnahkan ke KLHK pusat. (foto zaki/kaltengtv.com)

PALANGKA RAYA –Kamis pagi (27/7), Kejaksaan Negeri (Kejari) Palangka Raya menggelar Pers Rilis pemusnahan barang bukti dari perkara tindak pidana umum yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, di halaman Kantor Kejari Palangka Raya, Jalan Diponegoro.

Salah satu barang bukti yang dimusnahkan pada kegiatan tersebut yaitu 16 botol kaca berisi satu kilogram logam cair merkuri, yang disita dari dua perkara pidana yang ditangani Kejari Palangka Raya.

Namun, barang bukti merkuri tersebut tidak langsung dimusnahkan di lokasi Pers Rilis, tetapi diamankan oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya yang turut berhadir sebagai tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

Kepala Kejari Palangka Raya, Andi Murji Machfud saat menyerahkan terimakan barang bukti ke pihak DLH menyampaikan barang bukti merkuri tersebut tidak dapat dimusnahkan di sembarang tempat, namun perlu prosedur khusus.

“Kita mengingat Peristiwa Minamata di Jepang (tahun 1956), dan di Sulawesi pernah terjadi dari bahayanya merkuri ini, maka ini kita serahkan ke KLHK,” sebutnya.

Terpisah, Kepala UPTD Laboratorium Lingungan DLH Kota Palangka Raya, Ahmad Riadi kepada awak media menyampaikan barang bukti merkuri yang termasuk dalam limbah B3 ini akan diamankan di DLH Palangka Raya, karena diperlukan perlakuan dan pengaman khusus sesuai SOP pemusnahannya yang berlaku dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

“Rencananya tahun ini ada penjemputan dari KLHK, kalau tidak pun nanti melalui transporti pihak ketiga yang berizin dan ditunjuk oleh KLHK. Merkuri murni ini macam-macam cara pemusnahannya, tidak bisa dengan teknologi biasa dan dapat membahayakan lingkungan. Mungkin nanti caranya akan diubah ke bentuk senyawa yang lebih ramah lingkungan,” urai Riadi.(bro/ila)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00