Home NEWS 20 Juru Pelihara Praktik Plotting Cagar Budaya

20 Juru Pelihara Praktik Plotting Cagar Budaya

byhttps://kaltengtv.com/author/aji/adjie

PALANGKA RAYA –Sebagai ujung tombak pelestarian cagar budaya di wilayah Kalimantan Tengah, 20 peserta yang berasal dari kabupaten/kota dan ASN di bidang Sejarah Pelestarian dan Cagar Budaya mengikuti praktik pemetaan situs cagar budaya di Tugu Soekarno atau Tiang Pancang, baru-baru ini.

“Tujuan diadakannya praktik pemetaan ini agar mengetahui bagaimana proses pemetaan atau plotting cagar budaya dan menentukan titik koordinat menggunakan alat dan memasukkannya ke dalam peta sebaran cagar budaya. Sehingga bisa dipraktikkan di tempat masing-masing sebagaimana yang telah diajarkan oleh narasumber,” jelas Maria Kabid Sejarah Pelestarian dan Cagar Budaya Disbudpar Kalteng.

Bukan itu saja, para peserta pun diharapkan bisa melakukan pemetaan posisi menggunakan GPS, sehingga mampu mengidentifikasi posisi keberadaan situs cagar budaya, bangunan cagar budaya atau kawasannya.

Narasumber dari Balai Pelestarian Kebudayaan XIII Kaltengsel (kanan) menunjukkan cara pemakaian alat GPS kepada peserta saat praktik plotting cagar budaya di Tugu Soekarno pada Kamis (11/5)

Maria Doya Aden menambahkan pembekalan praktikk pemetaan dinilai penting untuk penetapan sebaran situs cagar budaya di Kalteng. Menurutnya, pemetaan atau plotting berguna untuk menentukan posisi cagar budaya berdasarkan titik koordinat dan peta.

Di tempat yang sama, narasumber dari Balai Pelestarian Cagar Budaya XII Kaltengsel Hadi memaparkan adanya praktik pemetaan ini agar deskripsi data yang disampaikan terkait situs cagar budaya tidak hanya deskripsi secara verbal saja.

Peserta bimtek pemetaan cagar budaya berdikusi dengan kelompoknya saat praktik plotting di Tugu Soekarno pada Kamis (11/5)

“Praktik ini memberikan pengetahuan kepada juru pelihara bagaimana memplotting sehingga menjadi peta titik koordinat pada setiap situs cagar budaya. Sehingga keberadaannya tidak hanya deskripsi lingkungan tetapi juga dilengkapi dengan titik koordinat posisi objek yang bias dipetakan. Dari titik koordinat tersebut bisa diproses menjadi peta sebaran cagar budaya,” tambah Hadi.(ayu/ktv)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00