Home NEWS Bukit Batu Dipasangi Patung Tjilik Riwut Berbahan Tembaga Lebih 1 Ton

Bukit Batu Dipasangi Patung Tjilik Riwut Berbahan Tembaga Lebih 1 Ton

byhttps://kaltengtv.com/author/aditbosan/aditbosan
PATUNG TJILIK RIWUT – Potongan patung Tjilik Riwut bagian kepala sampai perut dan bagian perut sampai kaki yang sedang difinishing sebelum dipasang. (yono/kaltengtv.com)

PALANGKA RAYA – Bagi sebagian masyarakat Kalimantan Tengah, obyek Wisata Bukit Batu di Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah mungkin tidak asing. Obyek wisata yang dikenal sebagai petilasan pertapaan Tjilik Riwut, pahlawan nasional dari Kalteng itu bakal tampil lebih menarik.

FINISHING – Pekerja khusus yang didatangkan dari Bantul Yogyakarta, sedang melakukan pekerjaan akhir (finishing) patung Tjilik Riwut sebelum dipasang di depan Obyek Wisata Bukit Batu, kemarin.(yon/kaltengtv.com)

Di depan pintu masuk obyek wisata itu akan dipasangi patung Tjilik Riwut semasa muda dengan menenteng senjata laras panjang. Patung dengan karakter pemuda gagah dengan telanjang dada itu terbuat dari tembaga seberat lebih dari 1 ton. Patung tembaga dengan tinggi 6 meter itu didesain secara khusus oleh seniman patung dari Bantul Yogyakarta.
“Baru sampai hari ini. Kami menempuh perjalanan darat dan laut sekitar 3 hari,” kata seorang pekerja dari perusahaan jasa pembuatan patung di Bantul itu, Kamis (1/6) kemarin.
Menurut pekerja itu, patung dirancang jadi di Bantul. Kemudian dipotong menjadi tiga bagian. Yaitu; bagian perut sampai kedua kaki satu bagian, perut sampai kepala satu bagian dan bahu sampai ujung tangan berikut senjata laras panjang satu bagian. Patung itu dibuat oleh seniman patung dengan mengacu dari foto tokoh dimaksud.
Menurut pekerja dari CV. Logam Sakti Bantul itu, pengerjaan patung itu lebih dari 3 bulan. Pemasangan patung itu juga mendatangkan tukang khusus dari perusahaan pembuatnya.(yon)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00