Home NEWS Palangka Raya Terpilih Jadi Lokasi Pendirian Pusat Daur Ulang Sampah

Palangka Raya Terpilih Jadi Lokasi Pendirian Pusat Daur Ulang Sampah

byhttps://kaltengtv.com/author/gilang/redaktur 02
PENGECEKAN -Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu bersama Kepala DLH Kota Palangka Raya Achmad Zaini dengan tim KLHK melihat lokasi pembangunan PDU. (gilang/kaltengtv.com)

PALANGKA RAYA –Kota Palangka Raya menjadi satu-satunya kota di tahun ini terpilih menerima bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  berupa pembangunan Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah. Lokasi yang dipilih yakni di belakang kantor Kelurahan Panarung Jalan Wortel.

Secara langsung Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengecek lokasi tersebut bersama tim dari KLHK, Selasa (13/6). Kawasan yang dipilih memang tampak strategis. Apalagi bersebelahan dengan Depo Sampah Kelurahan Panarung.

“Pusat daur ulang ini akan menjadi kebangaan warga Kota Palangka Raya karena ini akan menjadi center untuk edukasi pengelolaan persampahan, sekaligus sarana pengurangan sampah nol persen ke TPA,” ucap sekda.

FOTO BERSAMA – Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (tengah) didampingi Kepala DLH Kota Palangka Raya Achmad Zaini dan seluruh tim berfoto di depan lokasi pembangunan DPU.(gilang/kaltengtv.com)

Sekda berharap masyarakat teredukasi dan menyadari pemilahan sampah itu penting. Ke depan, PDU ini bisa jadi contoh untuk pembangunan PDU tingkat kelurahan maupun di masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya Achmad Zaini menuturkan PDU ini berkapasitas sepuluh ton per hari. PDU ini ibarat reward atau hadiah dari pemerintah pusat karena Palangka Raya berhasil meraih Adipura pada Maret 2023.

“Pemerintah punya target pengurangan sampah sampai 2025 sebesar 30 persen. Mekanismenya sampah yang dibawa ke TPA itu berkurang 30 persen dan dibawa dan diolah ke PDU,” ucap Achmad Zaini seraya berharap PDU ini bisa dikelola masyarakat.(ila)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00