Home NEWS Rasakan Tiga Tipe Hutan Kalimantan di Rainforest Fest

Rasakan Tiga Tipe Hutan Kalimantan di Rainforest Fest

byhttps://kaltengtv.com/author/aditbosan/aditbosan
HUTAN KALIMANTAN –Pengunjung menikmati suasana hutan Kalimantan yang disulap oleh BNF dalam Rainforest Fest 2023.

PALANGKA RAYA –Ada yang menarik di Aula Bapelkes Provinsi Kalteng Jalan Yos Sudarso. Yayasan Borneo Nature Foundation (BNF) menyulap aula tersebut bak hutan Kalimantan. Masyarakat bisa datang dan merasakan tiga tipe hutan Kalimantan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Achmad Zaini membuka langsung festival tersebut. Ia mengatakan pihaknya menyambut baik Rainforest Fest ini mengingat pentingnya edukasi kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk mengetahui bagaimana jenis atau tipe hutan di Kalimantan.

“Di sini diperkenalkan tiga tipe hutan yang menjadi kekhasan dan harus kita jaga di Kalimantan Tengah, yaitu hutan rawa gambut, hutan kerangas dengan tanah berpasir, dan hutan dataran tinggi. Harapannya, kelangsungan fungsi hutan itu bisa terjaga, sehingga keanekaragaman hayatinya bisa berkembang biak dan bisa hidup di habitatnya tanpa gangguan,” sebutnya.

KARHUTLA-Salah satu yang ditampilkan di Rainforest Fest adalah penggambaran lahan atau hutan terbakar.

Sementara itu, Kepala Operasional BNF Indonesia, Tjatur Setiyo Basuki menyampaikan di dalam festival yang digelar dari tanggal 21-25 Juni 2023 ini, pihaknya menyediakan wahana yang menggambarkan kondisi tiga hutan yang dapat dikunjungi oleh masyarakat secara gratis.

Mereka juga mengedukasi berbagai ancaman yang dapat merusak fungsi hutan seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla), illegal logging, hingga perubahan fungsi kawasan hutan ke fungsi yang tidak seharusnya atau di luar izin.

“Wahana ini gratis untuk masyarakat, dan harapannya terbangun kesadaran dan pemahaman tentang hutan bagi semua pihak khususnya generasi penerus yang akan mewarisi hutannya sendiri,” pungkasnya.(bro/ila)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00