Home NEWS DAD Kalteng Bentuk Timsus Majukan Pendidikan, UPR Ikut Tergabung

DAD Kalteng Bentuk Timsus Majukan Pendidikan, UPR Ikut Tergabung

byhttps://kaltengtv.com/author/andritv/andritv

Rektor Universitas Palangka Raya Prof Salampak. (foto humas/kaltengtv.com)

PALANGKA RAYA –Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng mendukung kemajuan di dunia pendidikan. Hal itu diwujudkan dengan membentuk tim khusus (timsus).

Universitas Palangka Raya (UPR) menjadi bagian dari timsus tersebut ditambah lagi dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng, dan DPRD Kalteng.

Dalam rapat khusus yang dihadiri Ketua Umum DAD Kalteng H Agustiar Sabran melalui Sekretaris Umum DAD Kalteng Yulindra Dedy, di Palangka Raya, Senin (24/7), Timsus bentukan DAD Kalteng ini nantinya mencari sejumlah solusi demi kemajuan pendidikan di Bumi Tambun Bungai.

Salah satunya mendorong penataan data-data siswa di tingkat SMA se-Kalteng. DAD Kalteng tetap mengedepankan komunikasi dan koordinasi dengan UPR, DPRD Kalteng, dan Disdik. Untuk selanjutnya, bersama-sama menyuarakan kebutuhan daerah ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI yang difasilitasi UPR.

Dalam kesempatan itu, Rektor UPR Prof Dr Salampak MS didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Natalia Asi MA menyatakan proses penerimaan mahasiswa baru, UPR menghadapi sejumlah permasalahan. Bahkan permasalahan itu, sudah pernah disampaikannya tiga tahun yang lalu dalam berbagai kesempatan.

“Masalah atau PR (Pekerjaan Rumah, red) yang dihadapi bersama, yakni akses anak-anak kita untuk masuk perguruan tinggi,” sebutnya.

Dalam penerimaan mahasiswa baru saat ini, sambung Salampak, terdapat tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) alias Jalur Undangan. Dalam jalur itu, kuotanya dibatasi akreditasi dan anak-anak Kalteng bisa diundang.

Hal itu, jika sekolahnya memasukan data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Jika sekolah tidak memasukan data dimaksud, maka sangat sulit anak-anak bisa masuk ke perguruan tinggi manapun di Indonesia melalui jalur undangan.

Dalam rapat tersebut, salah satu solusi ke depan yang harus dilakukan, yakni mendorong sekolah-sekolah menengah atas untuk mengisi data di PDSS dan meningkatkan akreditasi.

“Dengan begitu kuota untuk jalur undangan bisa semakin besar, dan tentunya kuota untuk putera puteri Kalteng juga semakin besar. Di sisi lain, penerimaan mahasiswa baru jalur undangan pada 2023, UPR telah membuat kebijakan mendatangkan calon mahasiswa luar Kalteng hanya 30 persen, sedangkan 70 persen di antaranya adalah asal Kalteng,” ungkapnya.(ila)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00