Home Hobi Antisipasi Rabies, 150 Vaksin Gratis Dibagikan

Antisipasi Rabies, 150 Vaksin Gratis Dibagikan

byhttps://kaltengtv.com/author/gilang/redaktur 02
VAKSINASI-Seorang warga saat menggendong anjing peliharaannya untuk suntik vaksin rabies. (foto zaki/kaltengtv.com)

PALANGKA RAYA – Kasus rabies masih menjadi salah satu tantangan yang dihadapi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng), dengan status zona merah dan sebagai endemi.

Dalam mengantisipasi dan menekan angka kasus penularannya, Pemprov Kalteng melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perternakan (TPHP) Kalteng menggelar kegiatan Vaksinasi Rabies Gratis, Sabtu (26/8), di Kantor Dinas TPHP. Vaksinasi rabies diberikan kepada hewan peliharaan masyarakat. Vaksinasi ini sekaligus dalam rangka Hari Perternakan dan Kesehatan Hewan Nasional Tahun 2023.

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo selepas membuka kegiatan mengatakan vaksinasi ini sebagai momentum untuk meningkatkann produksi perternakan di Kalteng, dan motivasi untuk berkolaborasi antara pelaku usaha dengan dinas terkait.

“Hendaknya kan ini dilakukan rutin bagi masyarakat yang memiliki perternakan dan hewan peliharaan agar lingkungan aman, memelihara juga nyaman,” ucapnya kepaada awak media.

DIPERIKSA – Tak hanya anjing, hewan peliharaan kucing ini pun didaftarkan untuk mendapat vaksinasi rabies.(foto zaki/kaltengtv.com)

Di lokasi yang sama, Kepala Seksi Penyidikan Penyakit Hewan Lab. Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Kalteng, drh Agnes menyampaikan menyediakan 150 vaksin yang dibagikan secara gratis baik untuk hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kera, atau kelelawar, dan hewan ternak seperti sapi, kambing, ayam dan kelinci.

Agnes juga mengatakan kasus rabies di Kalteng mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, namun masih dapat ditanggulangi dengan baik.

“Di kalteng saat ini ada 60 kasus rabies, yang tersebar di Palanngka Raya, Gunung Mas, Kotawaringin Barat, dan terakhir di Barito Utara. Kebanyakan ini dibawa oleh hewan anjing, namun juga biasa dibawa oleh kucing, kera, kelelawar,” sebutnya kepada awak media.(bro*)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00