Home NEWS Pondok Rumah Terbakar, Api Diduga dari Karhutla yang Muncul Lagi

Pondok Rumah Terbakar, Api Diduga dari Karhutla yang Muncul Lagi

byhttps://kaltengtv.com/author/aditbosan/aditbosan
DIPADAMKAN -Tim petugas pemadam kebakaran saat memadamkan area pondok rumah. (foto zaki/kaltengtv.com)

PALANGKA RAYA -Satu rumah pondokan tunggal di Jalan Soekarno RT 07 RW 08, Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya yang berdiri di atas lahan gambut hangus terbakar, Jumat sore (6/10).

Warga setempat, Teno menyampaikan dirinya mengetahui informasi api berkobar sekitar pukul 15.00 WIB, dan diketahui rumah dalam keadaan kosong.

“Saya RT di seberang cuman karena dekat jadinya langsung mengetahui. Rumahnya ini kosong, sekitar jam 3 tadi sudah membesar apinya,” ucap Teno.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Menteng, Aipda Toha mengatakan pemilik lahan bernama Nyelong dan sedang berada di luar kota. Menurut warga setempat rumah sudah lama tidak ditinggali.

MEMBARA -Satu rumah di Jalan Soekarno terbakar diduga akibat api karhutla yang muncul lagi.(video zaki/kaltengtv.com)

Pihaknya menduga sumber api merupakan lanjutan dari kebakaran lahan beberapa waktu sebelumnya yang terjadi di belakang posisi rumah.

“Ini kan tanah gambut, jadi kalau bagian atasnya sudah mati, tapi di bawahnya belum tentu. Jadi mungkin itu yang hidup kembali apinya,” ungkapnya

Toha pun mengimbau kepada masyarakat di tengah rawannya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini, agar masyarakat membersihkan lahannya namun tidak dengan dibakar, tetapi dengan cara dikumpulkan untuk menjadi pupuk.(bro/ila)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00