Home NEWS Dua Ormawa UPR Raih Hibah Nasional

Dua Ormawa UPR Raih Hibah Nasional

byhttps://kaltengtv.com/author/aditbosan/aditbosan
KEBERSAMAAN: UKM MENWA Satuan 601 Maharaya UPR.(foto humas UPR/kaltengtv.com)

PALANGKA RAYA -Dua organisasi kemahasiswaan (Ormawa) dari Universitas Palangka Raya (UPR) berhasil mendapatkan pendanaan hibah nasional. Pendanaan tersebut dari Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2023.

Kedua ormawa tersebut adalah UKM Lembaga Dakwah Kampus Jama’ah Shalahuddin Universitas Palangka Raya (LDK-JS UPR) dan UKM MENWA Satuan 601 Maharaya UPR.

Untuk diketahui, PPK Ormawa merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek yakni program penguatan kapasitas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh Perguruan Tinggi di Indonesia. Program ini diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, mahasiswa dapat berlatih menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.

Subproposal yang diusulkan oleh UKM LDK-JS UPR dengan Judul Pengembangan Diversifikasi Produk olahan Pangan Buah Naga dengan penerapan zero waster untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kelurahan Kalampangan. Ormawa ini diketuai oleh Mohammad Yakin mahasiswa prodi Sosiologi angkatan 2020 dan 15 orang anggotanya. Sementara untuk dosen pembimbing yakni Ahmad Saefulloh. kegiatan yang didasarkan pada pelatihan dan pengolahan diverifikasi pengolahan buah naga dengan pola zero waster, pemanfaatan buah naga dari daging sampai kulitnya.

Inovasi yang dilakukan mulai daging buah naga yang dijadikan keripik dan permen, sedangkan kulitnya dijadikan minuman kesehatan bentuk rajangan (seduh).

KOMPAK: Ormawa UKM LDK-JS Universitas Palangka Raya.(foto humas UPR/kaltengtv.com)

Untuk pemasaran hasil produk yang dilakukan oleh UKM LDK-JS sebagai bentuk peningkatan ekonomi masyarakat melalui e-commerce TOKOPEDIA dengan nama toko BINOGA KALAMPANGAN. Nama BINOGA KALAMPANGAN merupakan wadah dalam pemberdayaan masayarakat di kelurahan kalampangan dalam pengolahan buah naga.

Selanjutnya, subproposal yang diusulkan oleh UKM MENWA Satuan 601 Maharaya UPR dengan judul Pemberdayaan Sumber Daya Alam di Bidang Perikanan dan Purun (Lepironia articulata) sebagai Mata Pencaharian Masyarakat Kelurahan Petuk Ketimpun. Tim ini diketuai oleh Erick Saputra Mahasiswa Prodi Agribisnis dengan 14 anggota serta dosen pendamping Sri Endang Agustina R.

Kegiatan yang dilakukan melalui pelatihan dan pengolahan sedotan dan anyaman dari tumbuhan purun yang tersedia, serta pengolahan ikan menjadi dendeng ikan. Kegiatan yang dilakukan bukan hanya pengaplikasian program kegiatan tetapi juga pembentukan kelompok usaha desa di kelurahan petuk ketimpun dalam membantu perekonomian masyarakat setempat.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UPR, Wijanarka ST MT menyampaikan dalam rangka mendukung Program PPK Ormawa Kemendikbudristek mengharapkan seluruh organisasi mahasiswa baik di tingkat universitas maupun fakultas untuk ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. Hal ini untuk meningkatkan kualitas Ormawa dan sekaligus menumbuhkembangkan soft skills dan kompetensi mahasiswa seperti kemampuan berorganisasi, penguatan karakter Pancasila, bela negara, cinta tanah air, dan kebangsaan, kepemimpinan, dan bekerja sama (team work).

“Program penguatan kapasitas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Harus diakui Respon terhadap perubahan dunia yang sangat cepat. Indonesia harus mampu menciptakan sumber daya manusia dengan karakter unggul,” ungkapnya.

Melalui pembelajaran intra-kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra-kurikuler, ia berharap mahasiswa menjadi insan dewasa yang memiliki kemampuan berupa hard skills dan soft skills yang seimbang dan sinergi. Pada akhirnya lulusan UPR mampu menjadi agen pembangunan bangsa.

“Bahkan mampu menjadi agen transformasi di kehidupan masyarakat sehingga membentuk sumber daya manusia yang berkarakter unggul melalui kegiatan tridharma perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa,” tutupnya.(hms/ila)

Spread the love

You may also like

Tentang Kami

Kaltengtv.com adalah media online yang menyajikan berita harian dari Kalimantan Tengah. Dengan slogan “Pas Infonya Pas Hiburannya”, situs ini juga menampilkan program-program seperti Apresiasi, Untuk Perempuan, dan Talkshow.

Postingan Unggulan

                     @2017 | PT. Kalteng Media Digital

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00